PENGUNJUNG BLOG

Cari Blog Ini

Minggu, 22 Juni 2014

PASAR

PASAR
Pasar merupakan bagian dari kegiatan ekonomi, memiliki beberapa pengertian, yaitu sebagai berikut :
a.      Pasar merupakan tempat pertemuan antara pedagang (pedagang besar atau pedagang eceran) dengan pembeli (konumen).
b.      Pasar adalah tempat terjadinya penawaram dan permintaan terhadap suatu barang/jasa tertentu.
c.       Pasar adalah tempat terjadinya transakasi jual belu dari berbagai macam jenis barang/jasa.
d.      Pasar adalah tempat terbentuknya harga barang/jasa setelah terjadinya tawar menawar.
Dari beberapa pengertian pasar di atas dapat disimpulkan bahwa pasarr adalah sarana bertemunya pembeli dan penjual baik secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan kegiatan transaksi jual beli.
Syarat-syarat terjadinya pasar :
a.      Adanya penjual dan pembeli.
b.      Tersediannya barang/jasa yang diperjual belikan.
c.       Terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli.
Fungsi-fungsi Pasar :
a.      Fungsi Distribusi
Pasar sebagai alat distribusi berfungsi mendekatkan jarak antara produsen dengan konsumen dalam melakukan transaksi.
b.      Fungsi Pembentuk Harga
Pasar merupakan tempat peremuan antara penjual dan pembeli untuk melakukan tawar harga suatu barang sehingga terjadi kesepakatan harga.
c.       Fungsi Promosi
Pasar sebagai fungsi promosi adalah pasar merupakan tempat atau sarana untuk memperkenankan hasil produksi kepada para konsumen.
Peranan Pasar
a.      Peranan pasar bagi produsen :
1.      Untuk memperkenalkan hasil produksi secara langsung.
2.      Untuk memasarkan hasil produksi.
3.      Untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan untuk proses produksi.
4.      Untuk mengembangkan/meningkatkan usaha produksi.
5.      Untuk memudahkan mendapatkan tenaga kerja.
b.      Peranan Pasar bagi konsumen :
1.      Untuk mengenal  berbagai macam hasil produksi.
2.      Untuk mendapatkan atau membeli alat pemenuhan kebutuhan.
c.       Peranan pasar bagi sumber daya manusia :
1.      Membuka lapangan kerja atau mengurangi pengangguran.
2.      Menerapkan kemampuan dan keterampilan.
d.      Peranan pasar bagi pembangunan :
1.      Untuk mendapatkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam pembangunan.
2.      Merupakan sumber pendapatan bagi pemerintah daerah.
3.      Mendapatkan alat-alat pertania, bibit unggul, pupuk dan lain-lain yang dibutuhkan oleh para transmigran.
Jenis-jenis Pasar
Dalam ilmu ekonomi terdapat berbagai jenis pasar yang dikelompok berdasarkan berbagai sudut pandang, yaitu sebagai berikut :
a.      Berdasarkan sifat/wujud barang dan cara penyerahannya
1.      Pasar konkret atau pasar nyata
Pasar konkret pasar dimana barang yang diperjual belikan benar-benar ada penjual pembeli bertemu langsung. Ciri-cirinya adalah :
a.      Barang-barang yang diperjualbelikan benar-benar ada/nyata.
b.      Penjual dan pembeli bertemu secara langsung.
c.       Transaksi dilakukan dengan tunai.
d.      Barang yang dibawa/diambil pada saat itu juga.
Contoh : pedagang asongan, warung, toko, pasar induk, supermarket.
2.      Pasar Abstrak atau pasar tidak nyata.
Pasar abstrak adalah pasar yang memperjual belikan barang-barang yang secara fisik tidak terlihat (tidak nyata) atau hanya berupa contoh-contoh yang kualitasnya standar.
Ciri-ciri pasar abstrak adalah :
a.      Barang diperjual belikanm belum ada/hanya contoh.
b.      Transaksi dilakukan dalam partai besar.
c.       Penjual dan pembeliu berada ditempat yang berbeda dan berjauhan jaraknya.
d.      Transaksi dilandasi oleh rasa saling percaya.
Contoh : Bursa efek Surabaya, pasar uang, bursa tenaga kerja dan pasar tembakau Indonesia di Bremen.
b.      Berdasarkan luas wilayah kegiatan
1.      Pasar lokal adalah pasar yang daerah pemasarannya hanya meliputi daerah tertentu saja.
Contoh : sayur mayur, ikan, lauk pauk, buah buahan
2.      Pasar Nasional adalah pasar yang daerah pemasarannya meliputi wilayah satu negara atau bangsa tertentu.
Contoh : pasar modal dan pasae tenaga kerja
3.      Pasar Regional adalah pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberapa negara pada suatu wilayah tertentu.
Contoh : pasar bebas, pasar pupuk di Asia Tenggara
4.      Pasar Internasional adalah pasar yang wilayah pemasarannya mencakup wilayah dunia.
Contoh : pasar wol di Sydney, pasar kopi di Santos Brasil serta pedagangan minyak dan gas bumi.
Barang-barang yang diperdagangkan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
a.      Tahan lama dan tidak cepat rusak
b.      Berkualitas tinggi dan terjamin
c.       Dibutuhkan oleh masyarakat di seluruh dunia
c.       Berdasarkan organisasi pasar/strukturnya
Makna dari organisasi pasar adalah hubungan antara penjual dan pembeli di pasar.
1.      Pasar persaingan sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang terdapat banyak penjual dan banyak pembeli, sehingga baik penjual maupun pembeli tidak dapat menentukan harga sendiri.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
a.      Penjual dan pembeli banyak
b.      Barang yang diperjual belikan bersifat homogen
c.       Penjual dan pembeli bebas keluar masuk pasar tanpa hambatan
d.      Pengetahuan penjual dan pembeli tentang pasar sempurna
2.      Pasar persaingan tidak sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang dikuasai oleh satu atau beberapa penjual, dimana jumlah penjual lebih sedikit dari jumlah pembeli.
Ciri-ciri pasar tidak sempurna :
a.      Jumlah barang sedikit
b.      Barang yang diperjual belikan bersifat heterogen
c.       Terdapat hambatan untuk memasuki pasar
d.      Pengetahuan pembeli tentang pasar terbatas





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger