PENGUNJUNG BLOG

Cari Blog Ini

Kamis, 12 April 2012

Pengertian Manajemen


Pengetahuan Manajemen
Pengertian Manajemen
-          Menurut James A Stoner, manajemen merupakan suatu proses, pengorganisasian , pengarahan , dam pengawasan usaha-usaha dari anggota organisasi lainnya agar mencapai tujuan oraganisasi yang ditetapkan.
-          Menurut G R Terry, Manajemen adalah suatu proses yang khas terdiri dari tindakan perencanaan , pengorganisasian, pengarahan , pengarahan dan pengedalian yang dilakukan untuk menentukan sasaran-sasaran yang telah di tentukan.
-          Menurut Harold Koontz dan Cyrl O’donnel, Manajemen adalah usaha untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian , manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain.
-          Menurut Paul Hersey dan Ken Blanchard, mengartikannya manajemen sebagai kelompok kerjasama dengan melalui orang-orang dan kelompok mencapai tujuan organisasi.
-          Menurut Kusnadi, bahwa “Manajemen adalah setiap kerjasama dua orang atau lebih guna mencapai tujuan bersama dengan cara sefekktif dan sefesien mungkin”.
-          Menurut Robert L Katz, keterampilan dalam kemampuan manajemen kedalam beberapa macam, yaitu :
1.       Keterampilan teknis(technical skill) kemampuan untuk menggunakan alat-alat, prosedur , dan teknik dibidang tertentu.
2.      Keterampilan manusiawi (human skill) kemampuan untuk berkerja sama dengan orang lain, memahami orang lain, dan mendorong orang lain , baik secara peorangan maupun berkelompok.
3.      Keterampilan konseptual (conceptual skill) kemampuan mental untuk mengoordinasikan dan memadukan semua kepentingan dan kegiatan organisasi.
4.      Keahlian strategis (strategical skill) keahlian yang diperlukan seseorang manajer untuk dapat melihat organisasi sebagai suatu system dimana gangguan atau keberhasilan dari unit organisasi akan mempengaruhi kegagalan dan keberhasilan organisasi untuk dapat mengatisipasi sedini mungkin semua fenomena internal dan eksternal.


Tingkatan Manajemen
1.       Manajer Lini Pertama bertugas memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional, contohnya : Kapala pimpinan, mandor , dan penyelia (supervior)
2.      Manajer Menengah bertugas membawahi dan mengarahkan kegiatan manajer-manajer lainnya. Contohnya : Kepala bagian yang membawahi beberapa seksi dan kepala pengawas.
3.      Manajer Puncak betanggung jawab atas keseluruhan manajemen organisasi perusahaan. Contohnya : Prresiden direktur dan Kepala devisi.

Fungsi Manajemen
1.       Perencanaan (planning), yaitu menentukan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan 9tujuan perusahhan) ssebelum melakukan kegiatan.
2.      Pengorganisasian (organizing), yaitu menetukan sumber daya dan kegiatan yang dibutuhkan, seperti tugas dan fungsi setiap unti kerja. Fungsi ini memungkinkan pedelegasian wewenang kepada tiap-tiap karyawan untuk melakukan tugasnya.
3.      Pengarahan (directing), yaitu usaha member bimbingan, saran dan intruksi (penugasan) kepada bawahan dalam melaksanakan tugas. Fungsi pengarahan melibatkan kualitas, gaya, dan kekuasaan pimpinan serta kegiatan kepimpinan, seperti komunikasi, motivasi, dan disiplin.
4.      Pengoordinasian (coordinating), yaitu mencega penyelisihan agar kegiatan lebih terarah untuk mencapai tujuan.
5.      Pengendalian (controlling), yaitu menetukan dan mengoreksi adanya penyimpangan dari tujuan. Fungsi pengedalian mencakup penetapan standar pelaksanaan, penentuan ukuran pelaksaan , pengukuran pelaksaan nyata dan membandingkan dengar standar yang telah ditetapkan, serta pengambilan tindakan koreksi jika pelaksaan menyimpang dari standar.

Bidang-bidang Manajemen
Ø  Manajemen Produksi merupak bidang manajemen yang perencakan dan mengatur pelaksanaan produksi guna mencapai tujuan organisasi.
Ø  Manajemen Pemasaran merupakan bidang manajemen yang melakukan analisis, perencaan, pelaksaan, dan pengendalian, membentuk , dam mempertahankan pertukaran dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.
Ø  Manajemen Keuangan adalah kegiatan manajemen yang menitik beratkan pada fungsi keuangan dalam mengalokasikan dana secara efisien dalam mencapai tujuan perusaan. Manajemen keuangan memiliki tugas merencanakan pengadaan dan dan penggunaan untuk meningkatan nilai perusahaan.
Ø  Manajemen Personalia merupak bidang manajemen yang menekankan pada terjaganya hubungan antarsumber daya manusia dalam memberikan kontribusinya secara optimal untuk mencapai tujuan perusahaan.
Kegiatan manajemen personalia meliputi :
a.       Penarikan pegawai (recruitment),
b.      Pelatihan dan pengembangan (trai.ning and development),
c.       Pemeberian upah (compensation),
d.      Perencanaan dan pengembangan karier (planning and carier development).
Ø  Manajemen Administrasi meruapakan suatu proses manajemen dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi kantor secara efisien dan efektif. Manajamen administrasi memiliki tujuan antara lain :
a.       Meyediakan informasi bagi pemakai informasi yang memerlukan.
b.      Menyajikan catatan dan laporan admiistrasi.
c.       Melakukan pekerjaan di bidang tata usaha.
d.      Membantu perusahaan untuk membuat terobosan dalam menghadapi pesaing.
Prinsip-prinsip Manajemen menurut  Henry Fayol ialah sebagai berikut :
1.       Pemabagian tugas (division of work).
2.      Wewenang dan tanggung jawab (authority and responbility).
3.       Disiplin (discipline).
4.      Kesatuan perintah (unity of command).
5.      Kesatuan pengarahan (unity of direction).
6.       Pengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi (subordination of individual interest to general interest).
7.      Penggajian pegawai (remuneration og personnel).
8.      Pemusatan wewenang (centralization).
9.      Jenjang kepangkatan (scalar chain).
10.  Ketertiban (order).
11.    Keadilan (equity).
12.   Stabilitas masa jabatan (stability of tenure of personnel).
13.    Prakarsa (initiative).
14.   Jiwa korps (esprit de corps).
]
Organisasi

            Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan yang sama.
Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian tentang organisasi sebagai berikut :
-          Menurut Stoner , bahwa organisasi adalahg suatu pola hubungan yang melaui orang dibawah pengarahan atasan.
-          James D Mooney , mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan yang sama.
-          Chester I Bernard, berpendapat bahwa organisasi aadalah merupakan suatu system aktivitas kerja sama yang dilakukan dua orang atau lebih.
-          Stephen P Robbins, menyatakan bahwa organisasi adalah kesatuan social yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah atasan yang relative dapat diindentifikasikan atas dasar yang terus menerus untuk mencapai tujuan bersama.

Organisasi Formal dan Informal
            Pengertian organisasi formal
            Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau yang lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan yang sama secara sadar serta dengan hubungan secara rasional.
Contoh : Perseroan terbatas , sekolah , Negara, dsb .
            Organisasi formal memeliki suatu perumusan bertruktur yang baik yang menerangkan hubungan :
-          Hubungan otoritasnya
-          Kekuasaan
-          Akuntabilitas dan tanggung jawabnya
-          Bagaimana bentuk saluran-saluran
-          Melalui apa komunikasi berlangsung
-          Menunjukan tugas-tugas terspeksifikasi bagi masing-masing anggotanya.



Pengertian Organisasi Informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama secara tidak tersadari. Sulit untuk menetukan waktu eksak seseorang menjadi anggotanya organisasi tersebut.
Contoh : Makan malam bersama
Sifat Organisasi Informal
-          Hubungan didalamnya lebih bersifat spontan
-          Tidak terdapat pemimpin
-          Tidak bertitik tolak pada pengendalian manajemen
-           

Resensi :
-          Buku modul detik detik ujian nasional ekonomi
-          Buku paket EKONOMI kelas 3 SMA (Penerbit : PT Lentera Abadi , penulis : Neti Budiawati)
-          Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger